Saat Kambing dan Gembel Pergi Liburan


Candi Kalasan
Beberapa waktu yang lalu dua insan berbeda rupa namun sama-sama bau, seorang Gembel dan temannya Kambing lagi iseng-iseng main ke Jogja. Kalo kita sepasang kekasih sungguh tidaklah romantis panggilan tersebut, untungnya kita gak pacaran, kita hanya dua hati saling isi. Oke, maap bercanda.

Kita janjian buat berangkat bareng. Gue susul Kambimg ke rumahnya buat ngelamar dia. Di sana gue ketemu calon mertua Ibunya Kambing. Ibunya bicara ke gue pake basa jawa krama dan gue cuma bisa nanggepin sekeluarnya kata. Gue selalu speechless dan pikiran gue stuck kalo ada yang ngobrol pake krama. Jangankan ngomong, ada yang bilang gangsal aja gue itung dulu dari angka satu. :(

Setelah mengarungi lika-liku perjalanan yang kami lalui bersama dalam satu jok yang kami duduki, sampailah di Jogja. Hal yang pertama kami lakukan adalah nyari tempat kosnya kakak gue. Karena gue udah pernah ke Jogja sebelumnya, jadi gue udah apal jalan menuju kos tanpa perlu melihat rambu lalu lintas.

“Kalo udah di jalan ini mah tinggal lurus aja.” Gumam gue dalem hati.

Tiba-tiba di perempatan jalan.. DAARR!! LAMPU MERAH!! GUE GAK LIATT!! Perasaan gue tadi lampunya ijo, kenapa jadi merah? Kenapaaa?! Pengendara di depan gue ngeliatin dengan tatapan tajam seakan gue sudah melakukan hal hina. Untung aja gue langsung berhenti sehingga tidak timbul kecelakaan. Karena gue udah gak mungkin buat mundurin motor dan motor gue juga gak bisa digas mundur, jadilah kita belok ke kiri. Tapi.. GUE GAK TAU JALAN INI! Ya udah, gue ikutin aja kesotoyan gue. Sok tau aja biar keren. Tapi keren di depan cowok itu engga-banget.

Tibalah kita di kos dengan badan lemas karena macetnya Jogja yang minta ampun.

----

“Lama banget pasti nih. Kita balik kosan dulu aja.” Kata Kambing yang sebenarnya menggunakan basa Jawa. Gue translate aja biar enakan tapi malah terkesan ngondek.
“Kosan jauh. Entar balik ke sini lagi terus giliran kita kelewatan gimana?” Jawab gue dengan menatap mata Kambing. Kambing membalas tatapan gue. Oke, maap bercanda lagi.

Btw, kita lagi nunggu antrian verifikasi pendaftaran kuliah. Iya, tujuan sebenarnya kita ke Jogja untuk verifikasi. Saking banyaknya pendaftar, kita dapet giliran yang lumayan lama.

“Ya udah, kita kemanalah. Bosen juga nunggunya.” Keluh gue sambil menyeritkan alis.
“Bentar, kita cari koneksi di sini biar tau kalo gilirannya kita udah deket.”
“Siapa?” Gue ngeliat sekeliling.
Kambing melirik bapak-bapak di sebelah gue.
“Ogah. Lu aja sana.” Gue takut aja kalo nanti gue kasih nomer ke bapak-bapaknya nanti dia malah keseringen sms gue untuk nanyain kabar gue, udah makan apa belum, ngucapin selamat tidur.. kan-engga-banget-iuh.

Kitapun pergi. Gue mengendarai motor tanpa tujuan.

“Kita mau kemana?”
“Bentar.” Kambing ngecek map canggihnya.
“Candi Kalasan. Deket dari sini.” Kambing meyakinkan gue.
“Okelaah..” Gue iya-iyain aja soalnya gue emang kurang piknik. (dibaca : gue gak pernah liburan ke candi).

Sampai di Candi Kalasan, kita ditarik tiket masuk.

“Berapa, Pak?” tanya gue.
“Empat ribu.”
Gue mencari uang dalam kantong celana.
“Dari mana, Dek?” bapak-bapaknya penasaran.
“Kebumen, Pak.”
“Oh kalo gitu dua ribu aja.”
“Wah serius, Pak?”
Gue langsung menyerahkan uang dua ribu.
“Makasih, Pak.”

Tips : Kalo kalian berkunjung ke objek wisata, bilang ke kang karcis kalo kamu dari tempat yang jauh, misalnya dari Planet Namec. Maka harga karcis akan... sama aja tergantung kang karcisnya baik apa enggak.

Gue gak ngerti kenapa karcisnya dimurahin. Padahal Candi Kalasan waktu itu lagi sepi pengunjung. Ternyata masih banyak orang baik.

Di sini kita cuma foto-foto aja, karena memang gak ada apa-apanya selain buat foto. Kalo mau nge-pes mah di rental bukan di candi. Kita ketemu sama sepasang bule. Dari logat bicaranya yang awur-awuran gak jelas, gue yakin mereka dari Thailand. Sotoy aja sebenernya.

Melihat sepasang bule laki-laki dan perempuan yang sedang bahagia menikmati suasana Candi, gue sama kambing cuma bisa meratapi takdir.

Abis itu kita balik lagi ke tempat verifikasi.

“Yaa ampuuuunn, ternyata masih lamaaaa..” gue kesel.
Karena udah males kemana-mana lagi buat nunggu giliran, akhirnya kita nongkrong-nongkrong di mushola. Anak gawl nongkrongnya di mushola.

Empat jam berlalu. Jam menunjukkan pukul setengah enam. Gila, waktu empat jam gue kebuang percuma buat nunggu ginian doang.

Abis selese ngurus berkas verifikasi, malemnya gue sama kambing berniat buat nonton. Dua anak remaja cowok sesama jenis nonton di bioskop itu nganu banget. Kita berangkat ke bioskop jalan kaki. Karena seinget gue bioskopnya deket sama kos. Dan seinget gue bioskopnya di samping UIN.

“Mana bioskopnya, Mbel?”
Gue bingung. Ternyata bioskopnya bukan di samping UIN. Sotoy gue kali ini gagal. Gak papa, daripada sotoy gue bener malah terkesan gue keren di mata Kambing. Kan-engga-banget-iuh.

“Gue lupa. Bioskopnya udah pindah. Kayaknya di samping Lippo deh.” Gue ngeles. Kambing kesel.
“Mbing ntar milih filmnya gimana sih?” ceritanya gue gak pernah ke bioskop. Padahal emang iya.
“Lu belom pernah ke bioskop?” Kambing kaget sambil melototin mata gue.
“Belom. Ini pertama kalinya dalam hidup gue. Dan lo orang pertama yang nemenin gue ke bioskop” Gue mengecup kening Kambing. Oke, maap bercanda.
“Yelaah. Nih yee, ntar tuh ada mbak-mbak kasir terus lo tinggal milih film sama bangku. Udah gitu aja.”
“Oh gitu. Ya udah lu yang ngantri ye.”
“........”

Sampai di Lippo “Manaa?”
Ternyata sotoy gue salah lagi. “Kayaknya di sebrang jalan sana.” Gue ngeles lagi. Kambing udah ancang-ancang mau nyeruduk gue.

----

Ternyata bioskopnya jauh banget. Jauhnya kayak jarak yang memisahkan kita.

“Nonton apa nih?” kata Kambing pas lagi ngantri.
“Lu katanya mau nonton Mission Impossible?”
“Udah lewat jamnya.”
Gue ngeliat-ngeliat daftar film “Magic Hour bagus tuh katanya.” Seru gue.
“Ya udah ini aja.” Lalu Kambing langsung bilang ke mbak-mbak kasir.
“Magic Hour ya, Mbak.”
“Mau di seat berapa?”
Kambing nyuruh gue buat milih.
“B-7 sama B-8 aja.”
Sambil nunggu filmnya tayang. Gue sama Kambing basa-basi.

“Magic Hour apaan, Mbel?”
“Drama percintaan gitu. Bagus katanya.” Gue belum ngeh sama yang gue katain.
“Drama percintaan? Kenapa lu gak ngomongg?”
“Gue udah ngomong tadi pas lagi ngantri. Elunya aja yang gak denger.”
“Huaaaa..”
Tiba-tiba gue sadar. Ternyata gue dan Kambing, sepasang pria akan menonton film DRAMA PERCINTAAN di bioskop, berdua, duduk sebelahan, malem-malem.. sungguh kencan yang nganu banget.
“Huaaaaa...”

----

Film mau mulai. Gue dan Kambing beralih masuk ke teater. Di depan pintu masuk teater udah ditungguin sama mbak-mbak buat ngecek tiket. Dalem hati gue “Semoga mbak-mbaknya gak berpikiran macem-macem kepada kita, dua pasang lelaki yang akan menonton drama percintaan.” Setelah tiket dicek, gue sama Kambing masuk teater.

“Gila” gue terkesan dengan teater bioskopnya.

Teaternya masih sepi. Ternyata kita terlalu bersemangat pengen berdua-duaan di dalem bioskop. Gue sama kambing duduk bersebelahan layaknya dua hati yang sedang first date. Setelah kita nemu tempat duduk, hidung kambing mengendus seperti endusan seekor kucing yang sedang mencari pupnya sendiri sebelum ditutupi pasir. Hidung kambing kesana kemari mencari sumber bau saat film sebentar lagi akan dimulai.

“Lu ngerasa bau gak?” Kambing terus mengendus.
Idung gue ikut-ikutan ngendus.
“Enggak, gak bau apa-apa.”

“Astagaa, gue pasti nginjek pup kucing depan kosan tadi.” Teriak gue dalem hati. Gue cemas, siapa tau orang-orang yang lain juga ikut-ikutan ngendus dan terganggu oleh polusi udara pup ini. Bisa-bisa gue diusir dari bioskop tanpa harga diri. Gue gak mau. Gue gesek-gesekin aja sendal gue di karpet biar baunya berkurang. Gak ngaruh. Astaga, jika saja perbuatan gue terlihat oleh orang-orang pasti iuh banget. Untung pas filmnya udah dimulai lampunya dimatiin.

Gue memcoba tetap santai walaupun baunya udah gak nyantai. Gue pun menikmati film dengan bebauan pup kucing. Sungguh, nonton film pertama di bioskop yang nganuh banget.

Film selesai. Gue sama Kambing keluar. Di jalan menuju kos bertemulah kita dengan sesosok pria cantik, astagaa bencong.
“Hai, maaass..” bencongnya menggoda Kambing.
Ternyata bau Kambing berhasil membuat luluh hati seorang setengah wanita. Gue cuma bisa ketawa ngakak ngeliat kambing digoda.
Gue menikmati malam sebelum sampe kos. Gue melihat jalanan di sekitar, ternyata belum sepi. Gue melihat sebelah, ternyata ada Kambing yang menemani langkah gue malem ini. Setidaknya seharian ini. Gue ngetiknya sambil nahan muntah.

Sampai di kosan. Kita tidur. Satu kamar. Berdua. Tamat.

Comments

Popular posts from this blog

Social Media