Waktu Sudah Berlalu




Di jaman yang udah modern ini. Kehidupan yang kita jalani sebagian besar udah diatur dengan adanya teknologi. Mau ngomong sama orang tapi males ketemu karena makan waktu tinggal sms atau telpon, mau dapet udara yang dingin tanpa harus ke luar negeri tinggal nyalain AC, mau makan tapi males ke luar rumah tinggal delivery order, mau belanja baju di pasar tapi males keluar karena panas-panasan tinggal belanja di online shop sambil tidur-tiduran. Macem-macem deh.


Di tahun 2015 ini, udah jauh beda sama jamannya gue masih kecil. Dulu waktu masih kecil gue sering banget tiap pulang sekolah langsung main bareng temen, main apa aja yang masih tergolong tradisional. Dari boi-boian, petak umpet, engklek, kejer-kejeran, yeye, dir-diran, semuanya kecuali main boneka barbie!
Karena cowok sejati gak main barbie.
Gak peduli mainnya sampe sore, sampe dicariin orang tua, pokoknya kalo kita udah cape dan puas baru udahan.

Tapi, semuanya berubah saat gue kenal sama yang namanya playstation atau PS. Gue bener-bener ketagihan main PS sejak kelas 6. Dari sini kehidupan masa kecil gue yang indah berubah. Dari keseruan yang didapet bareng temen, rasa cape abis main, rasa kebersamaan, canda dan tawa yang didapet tanpa mengeluarkan uang sepeser pun. Sekarang, gue jadi sering ngabisin duit cuma buat pergi ke rental PS. Duduk sampe semuten sambil nikmatin setiap game yang sama sekali gak bisa ngehasilin keringet, kecuali kalo rental PS-nya gak ada fentilasi sama kipas anginnya. Di sisi ini gue malah jadi manusia yang gak pernah gerak, gak ngelakuin apa-apa, aktivitas yang gue lakuin cuma gerak-gerakin jari tangan sampe pegel, masa-masa emas dalam hidup gue kebuang percuma begitu aja.

Waktu yang seharusnya dilakuin pelajar untuk belajar terampas begitu aja. Hasilnya, nilai UN SD gue jeblok. Cita-cita untuk masuk ke SMP yang gue impikan gak kecapai.

Karena udah mulai sadar kalo main PS cuma buat orang jadi males dan ngabisin duit doang, akhirnya semenjak SMP gue bisa ngurangin sedikit demi sedikit kegiatan yang gak bermanfaat itu.

Semakin berkembangnya jaman, permainan tradisional pun juga ikut ditinggalkan. Mungkin bisa dikatakan, permainan anak jaman sekarang udah terpengaruh oleh adanya teknologi maju, salah satunya game online. Padahal, keseruan main sama temen itu lebih kerasa ketimbang keseruan yang didapet di dunia virtual.

Yap! Game online dewasa ini banyak digemari oleh anak-anak kecil sampe dewasa. Gue pun menyaksikan sendiri, kebanyakan yang nongkrong di warnet buat main game online adalah anak kecil dari SD sampai SMP. Gak cuma main game online aja, banyak dari mereka yang merokok.

Cukup menyita perhatian kalo anak kecil udah suka nongkrong, main game online sambil ngerokok. Gue juga sering liat, tiap abis pulang Jum’atan anak-anak udah stay di warnet biar gak keduluan tempat sama temen yang lain. Kalo udah kayak gini siapa yang salah? Rangga yang udah ninggalin Cinta selama 12 tahun? Jelas bukan.

Harusnya perhatian dari orang tualah yang berperan di sini. Orang tua seharusnya dapat membimbing, menjaga dan melindungi anak-anaknya.

Tapi, kalo menurut gue sih masih wajar-wajar aja, selama bukan ngelakuin tindak kriminal. Karena gue juga ngelakuin hal demikian waktu masih kanak-kanak. Masa kanak-kanak memang masanya untuk bermain. Masa dimana kita belum tau mana yang penting dan mana yang ngerugiin. Yang penting kita seneng. Kalo kita dilarang, kita malah jadi pengin tau. Kita pengen nyoba hal yang dilarang itu sampe kalo udah ngerasain dan tau akibatnya, baru deh kita sadar kenapa itu dilarang.

Di kampung tempat gue tinggal, udah jarang banget anak-anak yang kumpul terus main bareng. Kayak yang tadi gue sebutin, boi-boian, engklek, yeye, petak umpet. Udah gak kayak masa-masa waktu gue kecil dulu.

Teknologi dewasa ini memang udah jadi kebutuhan primer bagi sebagian besar orang. Bisa kita rasain sendiri sih, kalo kita abis bangun tidur hal pertama yang kita lakuin biasanya nge-cek HP. Sebelum tidur pasti kita juga ngecek-ngecek HP. Kalo kebiasaan gak bisa lepas dari HP itu ada phobianya lho, namanya Nomophobia atau no moblie phone phobia yang artinya kurang lebih ketakutan berlebihan berada jauh dari HP. Efeknya kita jadi punya sifat cemas yang berlebihan dan ketergantungan pada HP. (baca juga : Karena Teknologi)

Bukannya gue ngelarang sih, tapi kalo seandainya aja kita ngelakuin hal-hal itu berulang-ulang dan menjadi kebiasaan bukannya malah memberikan dampak yang negatif buat kehidupan kita? Coba kita renungkan deh, kalo kita udah biasa smsan atau telponan tanpa harus bertatap muka secara langsung, kita malah jadi generasi yang anti sosial. Kalo sekalinya ketemuan, kadang malah asik sendiri sama gadget. Iya gak sih?



Kadang gue prihatin, kadang juga gue berkaca pada diri sendiri kalo gue juga ngelakuin hal demikian. Saat gue mulai membuka layar HP, saat itu juga gue menutup diri untuk bersosialisasi. Dampaknya gue bener-bener ngerasa menjadi yang paling sendiri. Gue jadi sadar dunia yang disebut media sosial cuma sebuah ilusi. Saat gue tersadar, gue menutup segala aktifitas yang berhubungan dengan dunia maya. Mencari temen yang bisa ngasih kebahagiaan nyata. Yang bisa ngasih perhatian nyata, bukan sekedar tulisan belaka.

Gara-gara abis pulang teraweh ngeliat yang nabuh bedug udah gak kayak waktu jaman gue kecil dulu, sampe ngantri panjang agar dapet giliran buat nabuh bedug. Sekarang udah gak ada antrian lagi. Gue mikir, kalo sekarang semuanya udah pada berubah. Lalu gue kepikiran deh buat tulisan ginian. Jadi, apalagi nih perubahan-perubahan yang udah kalian rasain? Share di kolom komentar yaaa! :D

Comments

Popular posts from this blog

sudah lama

Social Media