Penyebab Gagal Belajar



www.apnatalks.com
Belajar itu penting. Dengan belajar, kita mendapat ilmu pengetahuan dan berbagai macam hal yang belum kita ketahui. Belajar juga penting buat para pelajar tingkat akhir untuk menghadapai Ujian Nasional.

Tapi terkadang cuma timbul niat untuk belajar, melakukannya yang belum kunjung terlaksana. Kita sering ngalamin sebelum berangkat sekolah pokoknya mau fokus belajar, tapi setelah sampai sekolah, suasananya gak mendukung buat belajar. Apalagi kalo udah diajakin temen main, yang kalo nolak malah dicengin. Kalo udah kayak gitu, belajar hanya sekedar niat.

Sebenernya banyak penyebab yang menjadi kendala untuk belajar, salah satunya kayak tadi. Penyebab lainnya akan gue sampein di bawah berdasarkan pengalaman yang gue alamin.

Males
Penyebab yang paling utama gagalnya belajar adalah males. Males itu penyakit yang bisa menular. Kalo liat temen kita males-malesan pasti  bawaannya pengen ikut-ikutan. Nah, mindset kayak gitu mesti dihilangin sesegera mungkin. Karena kalo diterusin kapan kita mau maju? Semestinya kita mengambil peluang disaat teman-teman kita lagi males dengan belajar. Pasti kita bisa lebih dari mereka!

Intinya males itu jangan dipelihara, tapi dilawan.

Maunya Yang Bisa Buat Nyaman
Kriteria remaja jaman sekarang dalam mempunyai pasangan adalah yang bisa buat mereka nyaman. Tapi bukan ini masalahnya. Ini masih ada keterkaitannya dengan males. Karena males inilah yang akhirnya membuat kita nyari kenyamanan, dengan kata lain belajar sambil tiduran. Ini emang nyaman banget, tapi dampak dari belajar sambil tiduran kita jadi cepet ngantuk dan belajar pun gak optimal.

Mungkin yang sebaiknya adalah menjadikan tidur itu sebagai hadiah setelah kita belajar.

Ada Pekerjaan Lain
Gue sering ketika mau belajar tapi malah kepikiran hal lain. Lalu bingung mana yang harus didahuluin. Gue mau belajar, tapi kepikiran ini, gue mau ngelakuin itu keinget belom belajar. Ujung-ujungnya belajar jadi gak optimal.

Nah, untuk itu kita perlu yang namanya membagi waktu. Misalnya, dari pagi sampe siang sekolah, abis pulang sekolah tidur. Sorenya ngejer layangan putus, malemnya baru belajar. Kalo udah bisa membagi waktu, pasti apapun yang kamu kerjain hasilnya bakal optimal.

Teringat Seseorang
Gue yakin rata-rata remaja pada umumnya pernah mengalami yang namanya lagi belajar tapi keinget sama seseorang, lalu dengan sengaja mengukir kata-kata dibuku pelajaran. Atau nge-stalk akunnya di media sosial, agar bisa tau dia lagi ngapain.

Kegiatan semacam ini jelas mengganggu proses belajar. Dari apa yang pernah gue lakuin, sebelum belajar dimulai, henpon dimatikan dan diasingkan sejauh mungkin. Bila perlu tutup akun media sosialmu sementara waktu. Lalu alihkan ingatanmu tentang seseorang itu untuk fokus pada satu tujuan, belajar.

Dikatain Temen
Yang namanya temen kalo kita ngelakuin apapun pasti dikomentarin. Tiap ada temen yang lagi belajar pasti dikatain

“Cie belajar cie.”
“Gila, rajin banget.”
“Ya ampun, pasti kamu belajar buat nyiapin masa depan kita kan?”

Kalo dikatain gini pasti kita risih. Makanya untuk itu kita harus tetap teguh pada pendirian. Biarin aja temen ngatain sok rajin atau apa, gak masalah. Jangan terpengaruh temen yang males. Karena masa depan ada di tanganmu!

Itu dia beberapa kendala dalam belajar yang bisa gue sampein. Semoga kita lebih semangat dan fokus dalam belajar sehingga hasil Ujian Nasional kita memuaskan. Buat guru-guru dan kedua orangtuamu bangga atas prestasi yang engkau raih!

Kalo mau nambahin, isi di kolom komentar yaa! :D  


“Tidak ada hasil yang luar biasa dengan usaha yang biasa.”

Bpk. Nugroho Heru

Comments

Popular posts from this blog

sudah lama

Social Media